KICAU BURUNGSebagai seorang pemain yang suka pada jenis murai batu, D'Yan punya puluhan murai lomba yang didapatkan di lapangan baik lomba di Bali maupun di Jawa. Meski di rumahnya di Mengwi Badung banyak burung lomba, termasuk murai yang diternak, ternyata tidak mengurangi jago-jagonya tampil di lapangan. Bahkan belakangan seringkali borong juara I dan runner up karena sering menurunkan dua jago sekaligus.

“Memang cukup repot kalau punya banyak murai di rumah. Agar tampil, satu-satunya jalan harus diasingkan,” papar Wayan Sumiarta.

Bagaimana mengkondisikan begitu banyak murai di dalam rumah agar tetap bisa tampil maksimal di lapangan, D’Yan cuma punya satu cara dengan jalan tidak mempertemukan antara murai.yang satu dengan yang lain selama di dalam rumah. Bahkan, anakan murai sejak piyik sudah tidak dipertemukan antara anakan satu dengan dengan yang lain. “Dalam setahun belum tentu bertemu,” papar D’Yan.

Murai yang disangkar dalam kondisi dikerodong hanya dikelilingi burung master saja. Karena punya karakter tempur yang kuat, jika memelihara murai batu sebaiknya tidak memelihara jenis burung fighter yang lain seperti kacer atau tledekan. Dua jenis ini akan bisa melemahkan daya tempur murai. Tetapi lebih berbahaya dari itu, suara kacer atau tledekan akan bisa masuk ke lagu murai sehingga lagu murai tersebut tidak dahsyat lagi.

“Karena itu, saya tidak memelihara kedua jenis burung ini,” papar D’Yan.

Khusus burung yang akan dikondisikan untuk lomba, selain selama di rumah selalu berbaur dengan beberapa murai yang lain walaupun tidak saling bertatap wajah namun seminggu sebelum turun lomba tetap mesti diungsikan ke lokasi yang tidak bisa mendengar sama sekali suara murai.

Selama ini, D’Yan selalu mengkondisikan murai yang akan segera diturunkan dengan menitipkan di rumah lain selama seminggu dan dijemput minggu pagi lanjut ke lapangan. Dengan cara mengasingkan ke tempat yang sepi, murai tersebut tampak bekerja lebih ngotot dari awal sampai akhir. Isian-isiannya pun juga bisa seluruhnya dikeluarkan.

Berbeda dengan murai yang tidak diasingkan, dan dibiarkan di rumah yang sekelilingnya masih terdengar sayup-sayup suara murai, ketika turun lomba, seringkali ngetem dan seolah-olah ada tanda malas untuk berbunyi. Padahal burung tersebut sudah sering kali juara I dan tergolong stabil.

“Setiap saya tidak ungsikan, selalu penampilannya berkurang, tidak ngotot lagi,” kata D’Yan


Membahas Komplit tentang BURUNG KACER       

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: