tips memilih atau mencari merpati balap
Tips dalam memilih atau akan mencari burung merpati balap gampang - gampang susah, ada yang berdasarkan feeling ada juga yang memang secara teoritis sesuai katuranggan dan bisa juga mencari dilapangan.

Dalam memilih Merpati Balap pasti pecinta burung balap telah mempunyai tips dan triknya masing - masing.

Bagi anda yang ingin memelihara Merpati Balap dan ingin membeli Merpati Balap sebaiknya anda baca dulu beberapa Tips Cara Memilih Merpati Balap yang akan di jabarkan berikut ini.

Diantaranya adalah kejelian dalam memilih menjadi syarat utama untuk dapat memiliki merpati balap yang berkualitas. 

Sebagian besar hobiis merpati balap percaya, bahwa bibit yang baik akan menghasilkan merpati yang memiliki sifat dan keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan indukannya, sehingga tidak mengherankan jika merpati yang sering menyabet gelar juara dalam berbagai kontes akan memiliki harga jual tinggi bahkan sangat fantatis. di mana harga merpati balap yang sering menjadi jawara dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Namun semua itu tidaklah mudah untuk bisa mendapatkan merpati balap, apalagi si pemilik sangat sayang terhadap merpatinya, sehingga si pemilik tidak akan menjualnya. 

Menurut salah seorang peternak, Bahwa untuk mendapatkan merpati balap sprint berkualitas setidaknya kita dapat mengenali cirri-ciri fisik pada seekor merpatinya, di antaranya adalah :

Kepala
  • Kepala merpati balap yang baik bentuknya seperti pinang muda, yakni lonjong, berukuran cukup besar dan proporsional, sementara lehernya tegak dan pendek, di mana ukuran leher berfungsi dalam menjaga posisi terbang terhadap udara agar tetap streamline.
Mata
  • Merpati balap harus memiliki mata yang jernih dan berwarna dengan kornea mata hitam, kecil serta bening.
Sayap
  • Sayap merpati balap harus rapi, tebal, panjang, lebar dan rapat, bentuk sayap burung merpati yang baik harus rata mulai dari ujung hinga pangkal yang menyerupai daun pisang. Perlu diketahui, merpati balap memiliki dua bagian sayap, yakni sayap terbang primer yang berjumlah 10 helai serta saya sekunder.
Tulang Sayap
  • Adapun bentuk fisik berikutnya yang mudah dikenali adalah ciri pada tulang sayap. Sayap merpati yang baik untuk kelas balap adalah berbentuk merit (bagian pangkal besar, semakin ke ujung semakin kecil), Selain itu tulang sayapnya tebal, keras dan rapat. 
 Tulang Dada
  • Jenis ini sedikit melengkung untuk mengurangi hambatan angin. Merpati dengan tulang dada lebih panjang hingga mendekati anus biasanya memiliki kemampuan terbang tinggi maupun rendah. Sementara merpati yang mempunyai tulang dada pendek memiliki kecenderungan terbang tinggi sehingga tidak cocok diturunkan pada lomba jarak pendek.
Bulu
  • Burung merpati balap terletak pada bulu. Merpati balap sprint unggulan berbulus halus,mengkilap bagai bercahaya sehingga air tidak menempel pada bulu. Untuk bulu ekor, saat dipegang panjang bulu sayap terbang selisihnya sekitar 2 cm.

Demikianlah beberapa tips cara Memilih Burung Merpati Balap yang bisa anda pelajari khususnya bagi para pecinta yang hobi Burung Merpati Balap, agar nanti saat membeli burung merpati balap bisa sesuai dengan apa yang anda inginkan dan pastinya tidak akan menyesal di belakang.


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: