Terkadang kita tidak sabaran dalam melatih merpati walhasil merpati yang jarak dekat telihat ngotot yang setelah dijauhkan merpati malah kayang-kayang. Walau pengalaman saya masih sedikit saya coba bagikan beberapa tips dan trik melatih merpati balap.

Ada beberapa tahapan dalam melatih piyikan, tahapan tahapan tersebut harus dilakukan dengan penuh kesabaran karena jika tidak sabar burung bisa rusak atau hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, dalam melatih piyik merpati balap harus berhati-hati karena mental piyikan belum sepenuhnya terbentuk jangan sampai mental drop. 

Saat melatih ada beberapa tahapan diantaranya :



Merpati Giringan Pertama

Himbauan keras, jangan menggandeng merpati muda yang belum mapan terbang dan mentalnya, di khawatirkan dia akan terbiasa ngekor dibelakang. Sebaiknya gandeng setelah jarak 500m. Gandeng lebih baik dengan burung yang seumuran dulu.
Hari ke 1
Target dalam giringan pertama adalah sekitar 20 – 30 m. Latihan pertama mulai dari jarak dekat terlebih dahulu
  • Hari pertama ajarkan merpati naik turun kandang, naik turun ke betina. Gunanya untuk membiasakan merpati dengan tangan manusia, karena terkadang merpati takut pada kita apalagi piyik yang baru pertama kali giring, Lakukan sampai merpati tidak malas naik turun kebetina ini bisa 10-30 kali lalu istirahatkan dan ulangi lagi, tetapi jika dirasa sudah mantap bisa langsung terbangkan merpatinya.
  • Setelah itu mulai terbangkan dari jarak 1 m, dan betina ditatak ditanah, lakukan berulang ulang 5 sampai 10 terbangan istirahatkan, jika dirasa terbang sudah oke tambah jarak 3 m 5m 7m 10m terus lakukan 5-10 terbangan sesuaikan dengan tenaga merpati, jika merpati terbang tidak lurus atau shoot kurang bertenaga mundurkan lagi jaraknya jangan ditambah. Jika sudah sampai jarak 10m maka ulangi terus 3 sampai 5 sesi, satu sesi 5-7 kali terbangan.

Hari ke 2
Lakukan 3 – 5 sesi, 1 sesi 5-7 terbangan jadi total sekitar 15 – 25 kali terbangan. Seperti biasa terbangkan merpati di jarak yang pendek terlebih dahulu. Sesi pertama terbangkan dijarak 3m 5m dan 10m, pastikan terbang tetap lurus dan tembak tidak kendor. Sesi kedua lakukan terbangan di jarak 10m, sesi ketiga tambah jarak sampai mentok di 15m

Hari ke 3
Lakukan seperti di hari ke 3 tetapi jarak ditambah sedikit demi sedikit, jangan sampai penasaran burung langsung dijauhkan nanti akan berefek pada mental dan stamina burung jika stamina dan mental belum cukup burung bisa-bisa salah latih dan bahkan terbang ke atas. Target sampai jarak maksimal 20m
Hari ke 4
Lakukan seperti hari ke 3 jarak maksimal sampai 25m-30m.

Merpati Giringan Kedua

lapangan-merpati-balap
  • Target tempuh maksimal 50m-60m. lakukan secara bertahap seperti pada giringan pertama, jika merpati kendor tembaknya maka kurangi jarak terbangan sampai terasa ngisi. Ingat melatih merpati balap harus sabar.
  • Giringan ketiga Jarak maksimal 70 M- 80 M, Giringan ke 4 jarak maksimal 100-110 m, Giringan ke 5 usahakan sampai dijarak 150-200m dan seterusnya.

Kunci dari melatih merpati adalah konsisten dan sabar. Sabar tidak terburu-buru menambah jarak lepasan, jika merpati berputar, terbang belok belok dan shoot dirasa kendor kembali mundurkan jarak terbangan sampai dirasa bagus. Keuntungan melatih seperti ini agar fisik dan mental merpati tumbuh secara perlahan-lahan dan awet walau memang aga sedikit lama. Biasakan juga merpati dengan satu joki dan baju yang sama setiap melatih agar saat diadu merpati tidak salah hinggap walau warna geberan sama, salam bekur!!!.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: