Danau Buatan Setu Patok Mundu Cirebon
Khusus untuk pecinta burung Branjangan di kota Cirebon janganlah menganggap bahwa burung branjangan sudah tidak ada lagi di kota cirebon, ternyata dugaan itu salah besar, karena beberapa waktu lalu saya secara kebetulan bertemu dengan salah seorang pencari burung tersebut dan ternyata Burung Branjangan asli Cirebon masih ada dan di temukan, tepatnya di Setu Patok Mundu, Kab. Cirebon.

Selama ini pasti banyak yang menganggap bahwa burung branjangan yang ada saat ini yaitu burung branjangan jenis Beber, Ciperna atau Serang dan mungkin yang lainnya sesuai dengan asli daerah masing - masing khususnya di Cirebon dan umumnya untuk daerah Jawa Barat.

Bagi yang bukan dari daerah Cirebon mungkin sangat asing untuk tempat yang bernama Setu Patok di Cirebon, sedikit saya informasikan Setu patok ini adalah Danau atau waduk sengaja di didirikan untuk suatu kepentingan pengairan sawah - sawah di sekitarnya.


Waduk Setu Patok Saat Normal dengan air yang melimpah

Waduk / Danau Setu Patok yang memiliki luas kurang lebih 176 hektar dengan kapasitas tampung maksimal mencapai 14.000.000 meter kubik air, berfungsi sebagai pengairan untuk lahan pertanian bagi masyarakat setempat juga di manfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya ikan tawar.

Pertanyaannya adalah dimana ke beradaan burung Branjangan tersebut, singkatnya burung branjangan ini muncul entah dari mana datangnya, pada saat danau atau waduk ini mengalami kekeringan beberapa bulan yang lalu, anda pasti sedikit tidak percaya, bahwa waduk yang begitu banyak airnya hingga kering kerontang, seperti gambar di bawah ini :

waduk atau danau setu patok kering
Waduk Setu Patok Saat mengalami Kekeringan Extrem

Waduk Setu Patok hijau setelah di guyur hujan beberapa hari

Branjangan asli Cirebon dari Setu Patok inilah muncul keberadaannya entah dari mana, sayang dan maaf karena saya tidak menampilkan Foto burung Branjangan tersebut karena pada saat itu burung asli yang didapat dari sini ada di rumah seseorang yang kebetulan jauh dari tempat danau ini.

Seseorang yang lupa saya tanyakan namanya ini bercerita bahwa pada saat kering inilah banyak yang mencari burung di sini dengan menggunakan jaring, katuranggan burung branjangan ini besar dan berwarna kemerahan dan bersuara keras, coletah nya, karena dia memeliharanya.

Harganya pun beda dengan harga burung branjangan yang di jual di Pasar Burung Plered Cirebon yang berasal dari Jawa Tengan / Jawa Timur, katanya dia beli seharga Rp. 130.000 hasil dari tangkapan di Danau ini.

Saat itu saya langsung mengunjungi danau tersebut dan saat saya mengunjungi Danau Setu Patok ini ternyata keadaannya telah berubah, padahal saya ingin sekali melihat para mencari burung branjangan tersebut, next saya akan tampilkan foto burung branjangan asli dari Setu Patok Cirebon.


Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: