Om kenapa kenari saya tiba-tiba mati …………. trims saya tunggu sarannya.

Jawab: Wadau, tiba-tiba mati ? Nggak terlihat sakit sebelumnya ?

Ada beberapa kemungkinan :
  1. Disengat lebah ( kalau kali lain burung tiba-tiba mati, coba periksa detil tubuhnya, adakah bengkak dsb ). Kalau di sekitar rumah Anda terlihat banyak lebah, maka untuk menjaga agar lebah tidak mengganggu burung2 Anda, perlu Anda taburkan gula pasir atau gula jawa di wadah apa saja, beri sedikit air dan letakkan di halaman rumah yang jauh dari tempat gantangan burung. Lebah2 akan lebih suka beterbangan di dekat gula ketimbang keluyuran di dekat burung Anda.
  2. Kena penyakit ND yang serangannya mendadak dan fatal untuk burung2 kecil. Tidak ada obatnya kecuali vaksinasi sebagai pencegahannya. Tata cara vaksinasi, kali lain saya tulis di blog ini.
  3. Tersedak pakan. Tidak ada pengobatannya kecuali ketika masih terlihat hidup kemudian burung dipegang dan Anda sedot di bagian paruhnya ( seperti orang tua yang membantu menyedot lendir bayi ketika si bayi flu/pilek ). Jangan keras2 menyedotnya karena bisa-bisa malah merusak organ dalam kenari.

Untuk penyebab yang lainnya, saya tidak bisa bertutur lebih banyak karena saya tidak mendapat informasi yang cukup dari Anda mengenai kondisi kenari setalah Anda temukan mati.

Semoga bermanfaat.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: