Musim hujan barangkali menjadi salah satu momok bagi penangkar kenari, hal ini juga dirasakan oleh peternak burung jenis lainnya, bukan tanpa sebab lain, melainkan meningkatnya kegagalan dalam breeding dan pembesaran anakan , musim hujan juga menjadikan burung semakin rentan terhadap penyakit.



Disaat hujan ini memang yang paling dikhawatirkan adalah berkurangnya intensitas penjemuran, cuaca mendung dan terjadi hujan membuat hawa semakin dingin, mungkin untuk burung yang sudah dewasa hal ini masih belum merupakan ancaman yang berarti , akan tetapi jika sudah kena lolohan dan masih belum terlalu kuat daya tahan tubuhnya, maka dikhawatirkan akan langsung drop.





Buktinya dari teman saya sendiri yang merasakan betapa musim hujan menjadi hal yang menakutkan bagi peternakannya, pasalnya sudah lebih dari 10 ekor anakan yang baru berusia beberapa hari mati kedinginan, awalnya dia anggap itu masih biasa, namun lama kelamaan kok tambah banyak yang mati, hingga akhirnya dia sadar betapa burungnya mengalami kedinginan.



Sebelumnya saya sudah tuliskan Perawatan Kenari di Musim Hujan, namun mungkin itu hanya untuk kenari dewasa saja, nah sekarang kita akan fokus dalam menyelamatkan kenari lolohan yang masih berusia dibawah 1 bulan atau belum mandiri, namun tidak menutup kemungkinan bermanfaat juga dan dibutuhkan untuk perawatan kenari dewasa, berikut Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Saat Musim Hujan :


  1. Pertama anda harus sediakan ruang yang hangat bagi kenari, asal diketahui saja, bahwa kenari memang salah satu burung yang tidak betah dingin, apalagi musim hujan
  2. Berikan multivitamin dalam air minumnya setiap hari, gantilah airnya jika sudah sehari / terlihat kotor. Solusinya terapi pakai Cimbio atau Pattani
  3. Berikan lampu dimalam hari untuk menjaga kehangatannya, cukup lampu dop 5 watt saja , namun yang harus diingat adalah jangan sampai terlalu dekat , dan pastikan kabelnya aman terkendali.
  4. Krodong bila perlu, selain untuk menghindari dingin, krodong juga bisa menghalau gangguan nyamuk atau serangga pengganggu.
  5. Berikan sarang / tempat sembunyi dengan kapas atau kain didalamnya


Nah itulah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenari kedinginan, semoga bermanfaat.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: