Bagi yang berniat untuk membeli burung ini memang harus teliti, karena burung ini sangat sulit ditemukan di pasar burung biasa, bila ada pun biasanya kemungkinan tidak asli.


Harga burung katuranggan udan mas juga tidak semurah burung katuranggan pada umumnya, rata – rata penjual mematok Rp 4.000.000 keatas. Contoh dibawah ini :

Burung Perkutut Katuranggan Udan Emas Yang Hanya Memiliki Ciri - Ciri Tidak Sepenuhnya
Burung Perkutut Katuranggan Udan Emas Yang Hanya Memiliki Ciri - Ciri Tidak Sepenuhnya

Namun perlu diingat murah juga bukan berarti palsu, yang terpenting adalah ciri – ciri katuranggan udan emas ada di burung yang anda beli.



Saat ini banyak sekali burung katuranggan udan mas palsu ataupun yang berkualitas rendahan, entah itu disengaja palsu dengan memanipulasi bagian tubuh tertentu.



Berikut ini 4 Ciri Penting Perkutut Katuranggan Udan Mas :

1. Mata Merah Bukan Hitam
Terkadang para penjual selalu pintar dalam mengelabui pembeli, mereka selalu bilang “ini katuranggan udan mas, tetapi yang biasa, harganya juga murah”. Ingin laku tapi menipu itulah yang sering dilakukan di pasar burung.





2. Leher Atau Garis

Perkutut katuranggan udan emas memiliki warna ke kuning – kuningan / atau mirip emas yang melambangkan keselamatan dan sumber rejeki yang tidak ada putus putusnya. Mengapa garisnya harus kuning ? Kenapa ada pedagang yang menawari garis melingkar hitam ?

Bila anda membeli perkutut dengan garis melingkar sama saja anda membeli perkutut bertuah yang biasa dicari dan beredar di masyarakat. Karena warna kuning emas merupakan perkutut yang sangat sulit dicari bahkan harganya selangit.

Ingat! Jangan terlalu percaya omongan pedagang, karena sifatnya pasti menghasut. Sudah jelas katuranggan udah emas ya berarti memiliki warna emas.

Leher Kuning Merupakan Perkutut Katuranggan Udan Mas
Leher Kuning Merupakan Perkutut Katuranggan Udan Mas

3. Bulu Terlihat Agak Kuning Yang Bercampur Dengan Putih

Bulu perkutut katuranggan udan mas berwarna keemasan, lebih baik cari yang hampir menyerupai emas, bila tidak bisa juga tidak apa – apa karena sudah dianggap perkutut udan emas.

Bulu Kuning Merupakan Perkutut Katuranggan Udan Mas
Bulu Kuning Merupakan Perkutut Katuranggan Udan Mas

4. Ciri Suaranya 

Banyak testimoni jawa mitos dari seorang pemelihara mengatakan pendapat :
  1. Suara kicau terdengar aneh atau berbeda dengan perkutut pada lainnya merupakan perkutut yang paling istimewa dibandingkan perkutut yang memiliki ketiga ciri diatas. Karena seolah perkutut seperti inilah tempat bersemayamnya putra majapahit yang renkarnasi ke perkutut.
  2. Suara terdengar seperti perkutut pada umumnya juga tidak mempengaruhi keistimewaan lebih dari burung ini, karena tidak tertulis di buku jawa mitos majapahit.

Jadi intinya point nomer 4 adalah kepercayaan masing - masing, namun bagi anda yang ingin mencari burung perkutut katuranggan udan mas silahkan pergi ke kabupaten blora letaknya di jawa tengah, karena menurut saya disanalah mudah ditemukan burung katuranggan.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: