Sesuai siklus masa berputarnya waktu burung perkutut akan mengalami mabung Selama 2 kali, jadi sudah kita prediksikan perkutut mengalami mabung pada kurun waktu enam bulan sekali. Ini sudah menjadi hukum alam serta tidak bisa kita untuk mencegahnya, namun bisa kita cepatkan proses mabung perkutut tersebut.



Bukan hanya faktor siklus saja induk perkutut bisa mengalami mabung, di saat keadaan badan perkutut sedang megalami sakit, ia juga akan mabung akibat pengaruh penyakit yang sedang dideritanya..

Pada umumnya perkutut yang sedang mabung akan terlihat sangat berbeda jika kita mengaca pada mabung jenis burung berkicau lainya, perkutut yang sedang mabung akan mengalami kerontokan dan bulu baru akan tumbuh secara bertahap tidak langsung..

Ciri burung perkutut mabung bisa kita lihat dengan adanya ciri pada bagian ketiak burung tersebut. Jika bulu bagian ketiak perkutut tersebut,akan nampak jika kita lihat dengan mata ada beberapa bulu halus atau bulu baru yang tumbuh secara bergantian di sekitar ketiaknya..

Cara merawat burung perkutut mabung sebenarnya cukup mudah, kita tidak perlu melakukan perawatan khusus seperti jenis burung berkicau lainnya, perkutut Mabung cukup kita masukan kandang umbaran yang bisa kita campurkan dengan jenis indukan perkutut lainya. Atau bisa juga di terapi dengan Super Ngurak buatan Super Kicau.

Akan lebih baik, jika kandang perkutut yang sedang mabung tersebut kita letakan saja di depan, samping, belakang rumah, hal ini di maksudkan agar jika ada turun hujan, perkutut tersebut supaya basah kuyup terkena air hujan.

Begitu juga sebaliknya jika pada saat siang hari di cuaca yang cukup panas, perkutut supaya terkena sinar matahari langsung dan berjemur dan di malam hari perkutut supaya terkena sedikit embun malam yang sangat cocok untuk perkutut yang sedang masa mabung..

Pakan untuk masa perkutut mabung juga kita berikan yang serba spesial maksudnya berikan pakan sesuai kebutuhan perkutut tersebut, pakan yang bagus bisa kita berikan pakan berupa juwawut, millet, ketan hitam gabah..

Waktu mabung perkutut selama kurang lebih 20 hari, setelah siap masa hari tersebut maka seluruh bulu perkutut sudah tumbuh dengan normal kembali, selanjutnya bisa kita lakukan perawatan seperti sedia kala supaya kualitas manggung serta stamina perkutut tetap bugar dan fresh. Jangan lupa terapi pakai Super Terapi kalau habis mabung.

Semoga membantu..
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: